Selasa, 27 Mei 2008

UNTUNG BISNIS SYARIAH

Ramai-ramai masuk bisnis syariah

Metrodata Terbitkan Obligasi Syariah Rp 100 Milyar

Dikutip dari Niriah.com

PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL) menerbitkan sukuk ijarah senilai Rp 100 miliar berjangka waktu lima tahun. Penjajakan penawaran Sukuk Ijarah diawali dengan pelaksanaan Public Expose dan Due Diligence Meeting, kemarin (21/5/2008).

Sukuk ijarah MTDL berpatokan pada surat utang negara seri FR019 ditambah premi135 hingga 205 basis point dan memiliki jangka waktu lima tahun.

"Kami memilih mengeluarkan obligasi karena butuh pendanaan jangka panjang," kata Presiden Direktur Metrodata Kusnadi Sukarja di Jakarta, kemarin.

Dia mengatakan perseroan lebih memilih menerbitkan sukuk ketimbang obligasi konvensional karena melihat suplai sukuk masih kurang bila dibandingkan dengan permintaan pasar. Kondisi ini memberi peluang besar bagi sukuk ijarah MTDL untuk diserap oleh investor.

Dana hasil sukuk (sebesar 55 persen/Rp 55 miliar) tersebut akan digunakan untuk mengakuisisi 100 persen saham Soltius Asia Pte. Ltd. senilai US$ 6 juta dan sisanya sebesar Rp 45 miliar (45 persen) akan digunakan untuk modal kerja perseroan dan anak usahanya.

Menurut Kusnadi, akuisisi Soltius akan memperkuat posisi Metrodata sebagai perusahaan di bidang teknologi informasi khususnya untuk jasa konsultan.

MTDL mengharapkan memperoleh Pernyataan Efektif dari Bapepam & LK pada pertengahan Juni 2008. Sedangkan pencatatan Sukuk Ijarah MTDL direncanakan dilakukan pada awal Juli 2008 di Bursa Efek Indonesia. Bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Sukuk Ijarah Metrodata Electronics I Tahun 2008 adalah PT Andalan Artha Advisindo Sekuritas (“AAA”).

MTDL pada 2007 berhasil membukukan laba bersih sejumlah Rp 28,48 miliar. Atau, naik sebesar 37,08 persen dibandingkan 2006. Pencapaian laba bersih tersebut di atas target Rp 21 miliar yang telah ditetapkan sebelumnya.

PT Moody's Indonesia memberikan peringkat A3.id kepada MTDL dengan prospek stabil.

Sekolah Tunai walaupun tidak menggunakan kata syariah dalam profilenya, maupun komunikasinya, namun prinsip-prinsip yang diterapkan dalam menjalankan bisnis mengacu pada nilai-nilai Qur'ani dan Sunnah Muhammad saw.

Selamat memasuki era Sekolah Tunai dan manfaatkan fasilitas bergengsi dan menuntungkan di seluruh penjuru dunia melalui Sekolah Tunai, dimanapun sekolahnya di dalam dan di luar negeri, mulai dari SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi.


Salam,
Ahmad Sragiy



Tidak ada komentar: