Selasa, 27 Mei 2008

BMI MASUK MALAYSIA

Bank Muamalat Indonesia Siap Buka Kantor di Malaysia

Dikutip dari Niriah.com

Guna merealisasikan rencana strategis menjadi bank regional Asia Tenggara pada 2015, Bank Muamalat Indonesia akan membuka kantor perwakilan di Malaysia. Izin kepada Bank Negara Malaysia (BNM) telah diajukan. Jika tak ada aral melintang kantor perwakilan tersebut beroperasi tahun ini.

"Kami sudah ajukan izin kepada bank sentral Malaysia," ujar Direktur Utama Ahmad Riawan Amin kepada Republika belum lama ini.

Menurut Riawan, menjadikan Bank Muamalat sebagai bank regional Asia Tenggara mungkin dilakukan. Hal itu terutama didukung kesepakatan negara ASEAN yang akan memperlonggar industri perbankan di wilayah Asia Tenggara.

Alasan lainnya, Malaysia memiliki potensi bisnis perbankan syariah cukup besar serta memiliki tingkat likuiditas dana cukup tinggi. Selain itu, Malaysia saat ini juga menjadi salah satu tempat parkir aliran dana overlikuiditas Timur Tengah. "Keberadaan kami di sana untuk menjembatani masuknya dana dari Malaysia atau dana Timur Tengah yang parkir ke Indonesia," kata Riawan mantap.

Kantor perwakilan BMI di Malaysia kelak akan membidik pembiayaan korporasi. Riawan optimistis rencana bisnis ini berjalan efektif. Selain karena Indonesia memiliki cukup banyak proyek pembiayaan dibandingkan Malaysia, return pembiayaan investasi di Indonesia jauh lebih tinggi.

"Di sana return financing di bawah 5 persen. Sedangkan, di sini di atas 10 persen, bahkan bisa 12-13 persen," kata Riawan.

Setelah Malaysia, Bank Muamalat berencana mendirikan pula kantor serupa di beberapa negara lain. "Kita ingin tidak hanya bank luar yang ada di Indonesia, tapi bank Indonesia juga ada di luar," tegas Riawan.


Semoga visi misi Bank Muamalat Indonesia sebagai bank syariah pertama di tanah air dapat terwujud. Begitu pula visi misi Sekolah Tunai bisa diwujudkan dalam beberapa tahun kedepan. Amin.

Salam,
Ahmad Sragiy



Tidak ada komentar: